Wednesday, June 19, 2013

0 LAPORAN PELAKSANAAN, EVALUASI DAN TINDAK LANJUT SATUAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING



A. Topik Permasalahan : Cara Membentuk Motivasi Belajar
B. Spesifikasi Kegiatan :
1. Bidang Bimbingan : Pribadi dan Sosial
2. Jenis Layanan : Layanan Bimbingan Kelompok
3. Fungsi Layanan : Pemahaman dan Pengembangan
4. Sasaran Layanan : 10 siswa kelas VIIB SMP 2 Tlogowungu pati
C. Pelaksanaan Layanan :
1. Waktu : 45 Menit
2. Hari/Tanggal : Kamis, 19 November 2009
3. Tempat : Ruang BK SMP N 2 Tlogowungu Pati
4. Deskripsi dan Komentar Pelaksanaan Layanan :
Kegiatan bimbingan kelompok diikuti oleh 10 siswa. Pada tahap pembentukan pemimpin kelompok hanya mengadakan rapport saja karena pada pertemuan ini siswa sudah paham maksud dan tujuan serta asas-asas dalam bimbingan kelompok. Dalam pertemuan ini juga tidak perlu dilakukan perkenalan karena praktikan dan masing-masing anggota kelompok sudah kenal dan akarab, kemudian praktikan langsung menuju pada tahap berikutnya anggota kelompok. Dalam tahap peralihan pemimpin kelompok menawarkan kepada para anggota apakah sudah siap untuk melangkah pada tahap berikutnya. Pada pertemuan ini praktikan memberikan topik tentang cara cara menghindari prasangka dan akibatnya. Setelah itu para anggota kelompok mendiskusikan dan memberikan pendapatnya dari topik yang dibahas. Pemimpin kelompok memberikan beberapa contoh kepada anggota kelompok dan anggota kelompok memberikan tanggapannya. Setelah itu praktikan menganalisis berdasarkan berbagai pendapat para anggota dengan dipaduka dengan materi yang ada untuk disimpulkan. Tanggapan dari para anggota kelompok sangat positif yaitu mereka merasa senang mengkuti kegiatan bimbingan kelompok, karena dapat menambah informasi tentang bagaimana cara menghindari prasangka dan akibatnya. Selanjutnya pemimpin kelompok mengemukakan bahwa kegiatan akan segera diakhiri dan menutup pertemuan dengan mengucapkan salam dan terima kasih.
D. Evaluasi (Penilaian) :
1. Cara Penilaian :
a. Penilaian proses
Penilaian proses dilaksanakan pada saat kegiatan sedang berlangsung dengan mengamati sejauhmana keaktifan dan kesungguhan siswa dalam mengikuti kegiatan bimbingan kelompok tersebut. Pada tahap kegiatan ini setelah pemimpin kelompok mendiskusikan mengenai cara menghindari prasangka dan akibatnya yang didalamnya terdapat pengertian prasangka, terbentuknya prasangka, usaha untuk menghindari dan menghilangkan prasangka, akibat prasangka. Pemimpin kelompok menanyakan ada yang
tahu apa itu prasangka? Anggota kelompok menjawab :
AR: Prasangka adalah anggapan yang kurang baik kepada orang lain.
IL : Prasangka itu merupakan perasaan kita kepada orang lain yang bisa bersifat positif maupun negatif. Pemimpin kelompok memberikan contoh apa pandangan kita terhadap
seorang pelukis atau seniman?. Anggota kelompok yang menjawab :
ES : Pasti pelukis itu hidupnya tidak teratur, jorok, tidak pernah mandi.
AT : Belum tentu semua pelukis atau seniman seperti itu kita harus punya prasangka yang positif. Kamu kan belum tahu sendiri bagaimana kehiduapan pelukis.
SR: Apa yang dikatakan Abria benar jadi belum tentu seorang pelukis itu menti jorok, jarang mandi, semprawut acak-acakan rambutnya gondrong tetapi banyak juga pelukis yang bersih. Bagaimana pandangan kalian terhadap karakter orang madura?
SY: Ya pasti karakter orang madura itu keras.
AN : Belum tentu tidak semua orang madura itu keras. Apabila kalian mendapat nilai lima pada pelajaran matematika apa yang kalian lakukan?.
AR: Introspeksi diri mungkin kita tidak belajar dengan sungguhsungguh.
CK : Ya itu mungkin kesalahan gurunya, gurunya tidak senang pada kita.
SA : Yang dikatakan Sharah itu benar kita harus instrospeksi diri kita dulu kenapa kok sampai nilai kita jelek mungkin kita jarang mengerjakan PR, terus kalau ulangan kita tidak belajar. Misalkan kalian melihat Pak Karto guru matematika, marah kepada Arri sehingga dihukum apa tanggapan kalian?
AR : Ya saya menganggap bahwa Pak Karto itu orang yang galak dan senang menghukum.
SK: Kalau saya tidak setuju mungkin kenapa Arri dihukum karena Arri bandel tidak mengerjakan tugas artau PR jarang mengikuti pelajaran yag penting menghukumnya dalam batas kewajaran.
b. Penilaian hasil
Dilaksanakan setelah kegiatan bimbingan kelompok berakhir mulai dari awal kegaiatan sampai tahap akhir dengan melihat indikator yang ada, seperti percaya diri, merasa setara dengan orang lain, menerima apa adanya, dapat menyikapi kegagalan, tidak bersikap hiperkritis, dan optimis. Indikator yang terlihat atau muncul dalam proses kegiatan bimbingan kelompok kali ini adalah percaya diri yaitu para anggota sudah percaya diri ini terbukti dengan mereka sudah mampu untuk berbicara dan memberikan pendapatnya, mampu untuk mengatasi masalah sendiri dan orang lain. Merasa setara dengan orang lain, ini ditunjukkan dengan para anggota tidak meremehkan pendapat orang lain. Tidak hiperkritis yaitu para anggota saling menghargai pendapat anggota yang lain. Para anggota kelompok dapat menambah wawasan tentang pemahaman-pemahaman baru tentang cara menghindari prasangka dan akibatnya yang dibahas pada saat bimbingan kelompok, komitmen yang dibuat oleh anggota kelompok bahwa siswa dapat berprasangka positif terhadap setiap peristiwa yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari.
2. Deskripsi dan komentar tentang hasil layanan :
a. Penilaian proses
Pada pertemuan keenam pemberian layanan bimbingan kelompok ini situasi dapat berjalan dengan baik dan lancar mulai dari tahap awal sampai tahap akhir, dinamika kelompok sudah dapat muncul dengan baik, anggota kelompok mau aktif dalam tanya jawab sehingga suasana kelompok terkendali. Secara keseluruhan proses dalam kegiatan bimbingan kelompok ini berjalan dengan baik.
b. Penilaian hasil
Para anggota kelompok sudah memahami topik yang dibahas yaitu cara menghindari prasangka dan akibatnya, mereka bisa menererima pemahaman-pemahaman baru agar bagaimana agar kita tidak berprasangka yang jelek kepada orang lain. Para anggota merasa nyaman berada dalam kelompok karena para anggota sudah aktif berbicara, dan para anggota kelompok dapat menghargai pendapat anggota yang lain, ini juga terlihat dari indikator ang muncul. Para anggota mau berkomitmen untuk mempraktekan tentang informasi baru yang telah didapatkannya yaitu menerapkan cara menghindari prasangka dan akibatnya.
E. Analisis Hasil Penilaian :
Dari proses penilaian yang dilakukan, kegiatan pemberian layanan bimbingan kelompok dapat dinilai baik, ini dapat terlihat dari indikator yang muncul dalam proses kegiatan bimbingan kelompok kali ini yaitu percaya diri, merasa setara dengan orang lain, menerima apadanya, tidak bersikap hiperkritis. Anggota kelompok dapat menguasai dan memahami materi yang diberikan. Dinamika dalam pertemuan ini sudah baik ini nampak dari keaktifan anggota kelompok dalam tanya jawab dengan memberikan pendapatnya secara terbuka dan sukarela. Aspek yang sikap yang muncul pada pertemuan kali ini adalah siswa dapat begaul dengan banyak teman, berkomunikasi karena selalu berprasangka baik terhadap semua orang, dan siswa dapat mempunyai prasangka positif terhadap setiap peristiwa yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari.


F. Tindak Lanjut :

Tindak lanjut yang dilaksanakan adalah pelaksanaan bimbingan bagi siswa yang berkonsultasi dengan materi yang bersangkutan.

0 Comments

Bagaimana Pendapat Anda ?